Menu

  • Tempatnya mahasiswa praktikum dan mencari refrensi. Tempat yang pas untuk refreshing.
  • Tempat mahasiswa/i Gunadarma melakukan aktivitas olahraga.
  • Internet Lounge
  • Badminton is my Hobby

Selasa, 29 April 2014

Pengaruh Game Terhadap Perkembangan Anak #Softskill

       Pada postingan BLOG ini saya akan mengulas jurnal yang berhubungan dengan GAME saat ini untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Softskill.


       Dapat dilihat dari gambar diatas, saya akan mengulas jurnal tentang Pengaruh Game Online Terhadap Perkembangan Anak dalam Prestasi. Menurut saya , tema ini sangat menarik untuk diulas dan saya juga ingin tahu sejauh mana pengaruh game online.

       Menurut Ligagame Indonesia , game online muncul pertama kali di Indonesia pada tahun 2001 dengan nama Game Nexia, sampai saat Game Online yang ada di Indonesia sudah sangat banyak apalagi teknologi yang sangat mendukung dari segi design graphicnya .

Nama Games
Muncul Tahun
Pemegang Lisensi
Tipe Game
Nexia
2001
BolehGame
RPG
RedMoon
2002
-
RPG
Laghaim
2003
Boleh Game
RPG
Ragnarok
2003
Lyto
RPG
GunBound
2004
Boleh Game
Action RPG
Xian
2004
Boleh Game
Strategy RPG
Risk Your Life
2004
Dream Web Tech
Action RPG
Tantra
2004
Playon
RPG
Survival Project
2004
Playon
RPG
GetAmped
2005
Lyto
RPG
Stargate
2005
Borneo X
RPG
TS
2005
Global World Technology
RPG
O2jam
2005
Infomedia Nusantara
Musical
Pangya
2005
Boleh Game
Sport
Knight
2005
Infomedia Nusantara
RPG
Vital Sign
2005
-
FPS
SEAL
2006
Lyto
RPG
RAN
2006
Jaspace
RPG
Deco
2006
Playon
RPG
AyoDance
2006
Maxus Infotech
Musical
DOMO
2007
Datakom Wijaya Pratama
RPG
Angle Love
2007
WaveGame
RPG
Rising Force
2007
Lyto
RPG
Ghost
2007
Kreon
RPG
Point Blank
2009
Lyto
FPS
CSO
2012
Megaxus
FPS

Apa sih Game Online itu ???

       Game Online merupakan sebuah permainan yang dimainkan didalam suatu jaringan atau melalui internet..

Pengaruh Game Online

       Mungkin kita menganggap bahwa game online hanya game yang dimainkan secara online. Meskipun begitu, bahwa memainkan game dapat menghabiskan waktu, menguras energy , membutuhkan konsentrasi. Bila anak-anak sudah kecanduan, anak tersebut dapat lupa untuk makan, minum, mandi bahkan lupa dengan kewajiban mereka sebagai pelajar.
  • Dampak Positifnya, dapat menghasilkan uang, dan melatih otak anak untuk memilih suatu hal ( mungkin dalam game , agar tidak kalah dengan player yg lain) dan dapat meningkatkan kemampuan kerja pada otak anak.
  • Dampak Negatifnya, jika anak sudah kecanduan game dapat memicu perilaku yang tidak diinginkan oleh banyak orangtua. Seperti bolos, malas mengerjakan tugas, mencuri uang, dll. Jika anak mempunyai kecanduan game yang tinggi anak dapat mengidap RSI ( repetitive Strain Injury) atau nyeri sendi pada anak-anak. Dan dapat mempengaruhi perilaku agresif pada anak, seperti permainan yang menampilkan adegan-adegan perkelahian, pembunuhan dan tanpa sadar perilaku agresif akan terekam dalam memori alam bawah sadar mereka bila dinikmati secara terus menerus.

Dampak Prestasi Terhadap Anak

       Anak sekolah merupakan salah satu kelompok yang mudah terpengaruh oleh dampak  game online. Waktu yang seharusnya digunakan untuk beristirahat atau bermain, namun anak cenderung memanfaatkannya untuk duduk di depan komputer dan asik dalam permainan game online tersebut. Dengan Kecanduan game online dan kurangnya istirahat jelas konsentrasi anak akan sangat terganggu yang hasilnya akan menyebabkan penurunan prestasi anak. Mereka menjadi lebih konsentrasi terhadap apa yang ia sukai bukan terhadap apa kewajibannya. karena pada dasarnya game online itu memiliki sifat adiktif atau membawa candu. Begitu juga anak dapat tidak mempunyai kemampuan untuk bersosialisasi dengan baik dalam lingkungan keluarga maupun lingkungan pergaulannya di masyarakat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar