Pada postingan BLOG ini
saya akan mengulas jurnal yang berhubungan dengan GAME saat ini untuk menyelesaikan
tugas mata kuliah Softskill.
Dapat dilihat dari
gambar diatas, saya akan mengulas jurnal tentang Pengaruh Game Online Terhadap
Perkembangan Anak dalam Prestasi. Menurut saya , tema ini sangat menarik untuk
diulas dan saya juga ingin tahu sejauh mana pengaruh game online.
Menurut Ligagame Indonesia , game online muncul pertama kali di Indonesia pada tahun 2001 dengan nama Game Nexia, sampai saat Game Online yang ada di Indonesia sudah sangat banyak apalagi teknologi yang sangat mendukung dari segi design graphicnya .
Nama Games
|
Muncul Tahun
|
Pemegang Lisensi
|
Tipe Game
|
Nexia
|
2001
|
BolehGame
|
RPG
|
RedMoon
|
2002
|
-
|
RPG
|
Laghaim
|
2003
|
Boleh Game
|
RPG
|
Ragnarok
|
2003
|
Lyto
|
RPG
|
GunBound
|
2004
|
Boleh Game
|
Action RPG
|
Xian
|
2004
|
Boleh Game
|
Strategy RPG
|
Risk Your Life
|
2004
|
Dream Web Tech
|
Action RPG
|
Tantra
|
2004
|
Playon
|
RPG
|
Survival Project
|
2004
|
Playon
|
RPG
|
GetAmped
|
2005
|
Lyto
|
RPG
|
Stargate
|
2005
|
Borneo X
|
RPG
|
TS
|
2005
|
Global World
Technology
|
RPG
|
O2jam
|
2005
|
Infomedia Nusantara
|
Musical
|
Pangya
|
2005
|
Boleh Game
|
Sport
|
Knight
|
2005
|
Infomedia Nusantara
|
RPG
|
Vital Sign
|
2005
|
-
|
FPS
|
SEAL
|
2006
|
Lyto
|
RPG
|
RAN
|
2006
|
Jaspace
|
RPG
|
Deco
|
2006
|
Playon
|
RPG
|
AyoDance
|
2006
|
Maxus Infotech
|
Musical
|
DOMO
|
2007
|
Datakom Wijaya
Pratama
|
RPG
|
Angle Love
|
2007
|
WaveGame
|
RPG
|
Rising Force
|
2007
|
Lyto
|
RPG
|
Ghost
|
2007
|
Kreon
|
RPG
|
Point Blank
|
2009
|
Lyto
|
FPS
|
CSO
|
2012
|
Megaxus
|
FPS
|
Apa sih Game Online itu ???
Game Online merupakan
sebuah permainan yang dimainkan didalam suatu jaringan atau melalui internet..
Pengaruh Game Online
Mungkin kita menganggap
bahwa game online hanya game yang dimainkan secara online. Meskipun begitu, bahwa
memainkan game dapat menghabiskan waktu, menguras energy , membutuhkan
konsentrasi. Bila anak-anak sudah kecanduan, anak tersebut dapat lupa untuk
makan, minum, mandi bahkan lupa dengan kewajiban mereka sebagai pelajar.
- Dampak Positifnya, dapat menghasilkan uang, dan melatih otak anak untuk memilih suatu hal ( mungkin dalam game , agar tidak kalah dengan player yg lain) dan dapat meningkatkan kemampuan kerja pada otak anak.
- Dampak Negatifnya, jika anak sudah kecanduan game dapat memicu perilaku yang tidak diinginkan oleh banyak orangtua. Seperti bolos, malas mengerjakan tugas, mencuri uang, dll. Jika anak mempunyai kecanduan game yang tinggi anak dapat mengidap RSI ( repetitive Strain Injury) atau nyeri sendi pada anak-anak. Dan dapat mempengaruhi perilaku agresif pada anak, seperti permainan yang menampilkan adegan-adegan perkelahian, pembunuhan dan tanpa sadar perilaku agresif akan terekam dalam memori alam bawah sadar mereka bila dinikmati secara terus menerus.
Dampak Prestasi Terhadap Anak
Anak sekolah merupakan salah satu kelompok yang
mudah terpengaruh oleh dampak game
online. Waktu yang seharusnya digunakan untuk beristirahat atau bermain, namun
anak cenderung memanfaatkannya untuk duduk di depan komputer dan asik dalam
permainan game online tersebut. Dengan Kecanduan game online dan kurangnya
istirahat jelas konsentrasi anak akan sangat terganggu yang hasilnya akan
menyebabkan penurunan prestasi anak. Mereka menjadi lebih konsentrasi terhadap
apa yang ia sukai bukan terhadap apa kewajibannya. karena pada dasarnya game
online itu memiliki sifat adiktif atau membawa candu. Begitu juga anak dapat
tidak mempunyai kemampuan untuk bersosialisasi dengan baik dalam lingkungan
keluarga maupun lingkungan pergaulannya di masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar