Menu

  • Tempatnya mahasiswa praktikum dan mencari refrensi. Tempat yang pas untuk refreshing.
  • Tempat mahasiswa/i Gunadarma melakukan aktivitas olahraga.
  • Internet Lounge
  • Badminton is my Hobby

Kamis, 25 Desember 2014

Blender 3D

Saya akan membahas tentang sebuah software Blender. Blender adalah sebuah software gratis yang open source jadi software tersebut dapat digunakan diberbagai OS. Dan Blender digunakan untuk membuat model-model 2 dimensi dan 3 dimensi, film animasi, efek visual, seni, 3D print model, aplikasi 3 dimensi interaktif, dan video game. Software Blender ini berbentuk GUI (Graphical User Interface) yang menggunakan bahasa pemrograman berbasis Python. Berikut ini adalah sejarah terbentuknya software Blender:

 

Sejarah Blender

Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. Neogeo berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagi art director juga bertanggung jawab atas pengembangan software internal.
 
Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis-artis diluar NeoGeo, lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita-cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3 dimensi yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat komputer yang umum, tapi ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu.
 
Pada tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil, Nan lalu meluncurkan software komersial pertamanya , Blender Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Penutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender, Karena tidak ingin Blender hilang begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah terus mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002, Blender dirilis ulang dibawah syarat-syarat GNU General Public License, dan pengembangannya terus berlanjut hingga saat ini.
 

Lingkungan Kerja Blender

Gambar dibawah ini merupakan lingkungan kerja dari software Blender:
 

Keterangan gambar :
  1. Menu merupakan bagian utama dari software Blender sebagai pengolahan data seperti menyimpan data, membuka data, export-import, dan sebagainya.
  2. 3D View merupakan ruang kerja dengan tampilan 3D dan tempat untuk menampilkan objek-objek yang dibuat.
  3. Outliner merupakan sebuah view untuk menampilkan objek-objek yang digunakan pada 3D view.
  4. Properties merupakan bagian yang menyediakan property-properti yang dapat digunakan pada objek yang dibuat, seperti material, tekstur, modifiers, kamera, dan sebagainya.
  5. Tool Bar merupakan bagian yang berisi tool-tool yang dapat digunakan untuk proses pembuatan objek, seperti rotate, scale, location, dan sebagainya.
  6. Timeline merupakan bagian yang dipergunakan untuk membuat sebuah animasi. Dimana setiap gerakan disimpan dalam bentuk frame-frame.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar