Apa itu " Augmented Reality" ???....
Sebuah teknologi yang menggabungkan benda maya 2
dimensi ataupun 3 dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan
benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata (real-time). Benda-benda maya berfungsi menampilkan informasi
yang tidak dapat diterima oleh manusia secara langsung. Hal ini membuat
realitas tertambah berguna sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi
penggunanya dengan dunia nyata. Informasi yang akan ditampilkan oleh benda maya
membantu user/pengguna melakukan kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata. Ada tiga
prinsip dari augmented reality. Yang pertama yaitu Augmented Reality merupakan penggabungan dunia nyata dan virtual,
yang kedua berjalan secara interaktif dalam waktu nyata (real-time), dan yang ketiga terdapat integrasi antar benda dalam 3
dimensi, yaitu benda maya terintegrasi dalam dunia nyata (Ronald T. Azuma,
1997).
Tujuan Augmented Reality
Untuk menciptakan lingkungan baru dengan
menggabungkan interaktivitas lingkungan nyata dan virtual sehingga pengguna
merasa bahwa lingkungan yang diciptakan adalah nyata. Dan juga kita dapat mengetahui informasi secara lebih jelas dengan apa yang ditampilkan oleh aplikasi ini dengan bentuk 3 dimensi dibandingkan dengan sebuah gambar.
Metode pada Augmented Reality
1. Marker Based Tracking
Marker Based
Tracking merupakan suatu ilustrasi hitam dan putih persegi
dengan batas hitam tebal dan latar belakang yang berwarna putih, komputer dapat
mengenali posisi dan orientasi objek marker dan menciptakan sebuah dunia
virtual 3 dimensi yaitu titik (0,0,0) dan sumbu yang terdiri dari X, Y, dan Z. Marker Based Tracking sudah lama
dikembangkan sejak tahun 1980an.
2. Markeless Augmented Reality
Dengan metode Markeless
Augmented Reality pengguna tidak perlu lagi menggunakan sebuah marker untuk
menampilkan elemen-elemen digital. Di Markeless Augmented Reality ada beberapa
teknik yang dapat digunakan yaitu, Face
Tracking, 3D Object Tracking, Motion Tracking, dan GPS Based Tracking.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar