Menu

  • Tempatnya mahasiswa praktikum dan mencari refrensi. Tempat yang pas untuk refreshing.
  • Tempat mahasiswa/i Gunadarma melakukan aktivitas olahraga.
  • Internet Lounge
  • Badminton is my Hobby

Kamis, 25 Desember 2014

Augmented Reality

Apa itu " Augmented Reality" ???....
 
Sebuah teknologi yang menggabungkan benda maya 2 dimensi ataupun 3 dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata (real-time). Benda-benda maya berfungsi menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh manusia secara langsung. Hal ini membuat realitas tertambah berguna sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata. Informasi yang akan ditampilkan oleh benda maya membantu user/pengguna melakukan kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata. Ada tiga prinsip dari augmented reality. Yang pertama yaitu Augmented Reality merupakan penggabungan dunia nyata dan virtual, yang kedua berjalan secara interaktif dalam waktu nyata (real-time), dan yang ketiga terdapat integrasi antar benda dalam 3 dimensi, yaitu benda maya terintegrasi dalam dunia nyata (Ronald T. Azuma, 1997).
 

Tujuan Augmented Reality

        Untuk menciptakan lingkungan baru dengan menggabungkan interaktivitas lingkungan nyata dan virtual sehingga pengguna merasa bahwa lingkungan yang diciptakan adalah nyata. Dan juga kita dapat mengetahui informasi secara lebih jelas dengan apa yang ditampilkan oleh aplikasi ini dengan bentuk 3 dimensi dibandingkan dengan sebuah gambar.
 

Metode pada Augmented Reality

 

1.  Marker Based Tracking

Marker Based Tracking merupakan suatu ilustrasi hitam dan putih persegi dengan batas hitam tebal dan latar belakang yang berwarna putih, komputer dapat mengenali posisi dan orientasi objek marker dan menciptakan sebuah dunia virtual 3 dimensi yaitu titik (0,0,0) dan sumbu yang terdiri dari X, Y, dan Z. Marker Based Tracking sudah lama dikembangkan sejak tahun 1980an.
 

2.  Markeless Augmented Reality

Dengan metode Markeless Augmented Reality pengguna tidak perlu lagi menggunakan sebuah marker untuk menampilkan elemen-elemen digital. Di Markeless Augmented Reality ada beberapa teknik yang dapat digunakan yaitu, Face Tracking, 3D Object Tracking, Motion Tracking, dan GPS Based Tracking.
 
 
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar