Menu

  • Tempatnya mahasiswa praktikum dan mencari refrensi. Tempat yang pas untuk refreshing.
  • Tempat mahasiswa/i Gunadarma melakukan aktivitas olahraga.
  • Internet Lounge
  • Badminton is my Hobby

Minggu, 19 Oktober 2014

Analisa Jurnal Desain Pemodelan Wajah 3D Berbasis Foto

Nama : Mahdhika Juliansyah
NPM : 54411246
Kelas : 4IA15 (Pengulangan Desain Pemodelan Grafik 3IA08)


       Pada tugas kali ini, saya akan menganalisa sebuah jurnal dengan judul " Pemodelan Wajah 3D Berbasis Foto/ Gambar Menggunakan Maya Embedded Language (MEL) Script " oleh Yudi Prayudi dan Iwan Aprizal dari Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia.

       Menurut yang saya analisa, jurnal ini dibuat karena belum adanya suatu aplikasi yang dapat mengkonversi secara langsung suatu objek 2 dimensi ke dalam bentuk 3 dimensi. Jadi, untuk membuatnya penulis menggunakan aplikasi MAYA menggunakan Maya Embedded Language (MEL) Script untuk membantu interfacing dalam proses pemodelan.

       Proses yang dilakukan untuk membentuk menjadi model 3 dimensi mempunyai beberapa tahapan, sebagai berikut :
  • Tahap pertama adalah model 2 dimensi, yaitu mengambil objek 2 dimensi atau foto pada bagian depan dan pada bagian samping seseorang yang sudah diatur intensitas warna pada tiap pixelnya.
  • Tahap kedua adalah model 3 dimensi, yaitu membuat model 3 dimensi. Dan ada beberapa metode untuk membuatnya seperti menggunakan Nurbs dan Polygon.
  • Tahap ketiga adalah Rendering, yaitu sebuah proses akhir dari semua tahapan modeling 3 dimensi. jadi, semua data yang sudah dimasukkan pada proses modeling dengan parameter tertentu akan dihasilkan sebuah output.
  • Tahap keempat adalah Texturing, yaitu menentukan sebuah materi objek dari segi tekstur.
  • Tahap kelima adalah Image and Display, yaitu hasil akhir dari semua proses dari kelima tahapan. Output yang terbentuk biasanya dalam bentuk gambar, yang selanjutnya dianalisa apakah sudah sesuai atau belum.


Disini juga dijelaskan cara kerja atau alur kerja dari sebuah aplikasi yang dibuat untuk pemodelan wajah.


       Demikian penjelas dari analisa jurnal yang sudah saya baca sebelumnya. Semoga analisa yang saya buat dapat bermanfaat bagi kalian yang membacanya..


Sumber Jurnal :
http://journal.uii.ac.id/index.php/media-informatika/article/viewFile/13/12%3Cbr%20/%3E

Tidak ada komentar:

Posting Komentar