Menu

  • Tempatnya mahasiswa praktikum dan mencari refrensi. Tempat yang pas untuk refreshing.
  • Tempat mahasiswa/i Gunadarma melakukan aktivitas olahraga.
  • Internet Lounge
  • Badminton is my Hobby

Rabu, 08 Mei 2013

Cara Menampilkan Kembali File Hidden oleh Virus


     Pada postingan ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menampilkan kembali file/ folder yang ke hidden oleh sebuah virus. Pasti kalian pernah mengalami kehilangan file/folder secara tiba-tiba bukan ??? Tapi jangan panik dulu sob, siapa tau itu cuma virus yang terjangkit di drive atau USB kalian. Jika benar terkena virus, kemungkinan file tersebut tidak hilang, melainkan hanya disembunyikan saja. Kebetulan saya juga pernah mengalami seperti ini, akibat dari colok USB di sembarang komputer, dan akhirnya file/folder saya hilang semua.
     Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengembalikan file/folder yang di hidden oleh virus , berikut penjelasannya :
  1. Tentukan dulu Drive mana yang akan di unhide/ yang sudah terinfeksi. Contohnya, data saya terinfeksi di USB Drive/FD, dan FD saya berada di Drive F:
  2. Lalu buka CMD / Command Prompt dengan cara Start -> All Program -> Accessoris -> Command Prompt
  3. Lalu ketikkan lokasi Drivenya F:
  4. Setelah itu masukkan command berikut : attrib -R -S -H /S /D kemudian Enter
  5. Tunggu hingga proses selesai.
  6. Coba refresh kembali Drive F, yg tadi telah terkena infeksi. Jika sudah muncul data yang tersembunyi, maka kalian berhasil. Jika tidak, mungkin tidak sengaja terdelete atau ada virus jenis baru.
  7. selesai .


Semoga bermanfaat gan, masbrooo....

Catatan Kecil :
  • -S : Untuk menghilangkan attrib tipe sistem file
  • -H : Untuk menghilangkan attrib tipe hidden file
  • /S : Untuk memproses seluruh folder dan sub folder
  • /D : Memproses folder

Tidak ada komentar:

Posting Komentar