Menu

  • Tempatnya mahasiswa praktikum dan mencari refrensi. Tempat yang pas untuk refreshing.
  • Tempat mahasiswa/i Gunadarma melakukan aktivitas olahraga.
  • Internet Lounge
  • Badminton is my Hobby

Senin, 24 September 2012

Intel Siapkan Fabrikasi 14 nm untuk Tahun 2013

Pada ajang IDF (Intel Developer Forum) 2012 yang baru saja berlalu, Mark Bohr, salah seorang Senior Fellow of Intel Technology & Manufacturing Group, mengungkapkan bahwa teknologi fabrikasi 22nm yang mereka gunakan sekarang ternyata memberi hasil lebih baik dari yang diperkirakan! Desain Tri-Gate Transistor yang digunakan pada fabrikasi 22nm Intel ‘Ivy Bridge’ juga masih memungkinkan untuk digunakan pada beberapa generasi ke depan.

Bohr juga menjelaskan bahwa process shrink berikutnya ke ukuran 14nm sudah memasuki masa pengembangan akhir! Bila tidak ada halangan, ukuran fabrikasi 14 nm tersebut bisa memasuki level production-ready kira-kira akhir tahun 2013 nanti!


Cukup menarik melihat bagaimana Intel akan menerapkan teknologi 14nm ini karena chip yang menggunakan teknologi 14nm pastinya memiliki kepadatan transistor jauh lebih tinggi dari teknologi 22nm yang ada sekarang. Hal tersebut bisa jadi menyebabkan masalah interkoneksi ataupun juga masalah klasik: panas yang terpusat pada satu titik sehingga menyebabkan pelepasan panas terhambat.
Namun, satu hal positif yang diusung oleh fabrikasi 14 nm, tampaknya transistor 14nm ini akan beroperasi pada tegangan yang lebih rendah dari generasi sebelumnya, sehingga panas bukanlah kendala utama.


Sumber : http://www.jagatreview.com/2012/09/sukses-dengan-22nm-intel-persiapkan-proses-fabrikasi-14nm-pada-tahun-mendatang/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar